No :
002/E/IPAMAS/S/2014
Hal : Proposal
Program Branding Kegiatan [Seven Summits Central Java Expedition]
Kepada Yth.
Bapak / Ibu Donatur
Di tempat
Bersama surat proposal ini kami bermaksud mengajukan
penawaran Branding Perusahaan pada Program Branding Kegiatan [Seven Summits
Central Java Expedition]. Dengan harga yang kami sesuaikan dengan tingkatannya,
dan kami lampirkan pada surat proposal
ini.
Dengan Branding Perusahaan Anda pada Kegiatan [Seven
Summits Central Java Expedition], akan memberikan Brand Awareness ditengah
masyarakat terhadap dunia pendidikan, pemuda, dan olah raga, tanpa harus
memasang Iklan dimedia massa yang terkenal mahal sekali dan belum tentu
efektif.
Maka dengan ini pula kami berharap respon positif dari
pengajuan proposal ini, demikianlah surat proposal yang kami buat semoga
membuahkan kerjasama yang langgeng dan bermanfaat sampai akhir.
Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima
kasih.
Hormat kami,
Sekretaris Kegiatan
Fadhilah Azhar Yumna
Lembar Persetujuan
PROPOSAL KEGIATAN [SEVEN SUMMITS CENTRAL JAVA EXPEDITION]
[IPAMAS] IKATAN PENCINTA ALAM MUHAMMADIYAH 11 JAKARTA
SMA MUHAMMADIYAH 11 JAKARTA
Proposal kegiatan ini telah diperiksa dan disetujui oleh:
Jakarta, 17 Maret 2014
Pembina Ektrakurikuler IPAMAS
SMA Muhammadiyah 11 Jakarta
Muhammad Syafe’i, SPd
NIK/NBM.: 473/1.139.267
PROPOSAL KEGIATAN [SEVEN SUMMITS CENTRAL JAVA EXPEDITION]
[IPAMAS] IKATAN PENCINTA ALAM MUHAMMADIYAH 11 JAKARTA
SMA MUHAMMADIYAH 11 JAKARTA
A.
PENDAHULUAN
a.
Definisi Pendakian Gunung
Pendakian
adalah suatu olahraga keras, penuh petualangan, dan membutuhkan keterampilan,
kecerdasan, kekuatan serta daya juang tinggi. Dalam arti luas, pendakian gunung
berarti suatu perjalanan, mulai dari hill walking sampai dengan ekspedisi
pendakian ke puncak-puncak yang tinggi dan sulit hingga memerlukan waktu yang
lama, bahkan sampai berbulan-bulan. Definisi lainnya adalah sebuah kegiatan
alam bebas yang menggunakan wahana gunung sebagai sarana kegiatannya.
b.
Sejarah Pendakian Gunung
§ 1492 » Sejarah pendakian gunung diawali oleh sekelompok
orang Prancis dibawah pimpinan Anthoine de Ville yang memanjat tebing Mont
Aiguille (2097m) di kawasan Vercors Massif.
§ 1623 » Yan Cartensz adalah orang Eropa pertama yang
melihat pegunungan yang sangat tinggi dan bersalju (di beberapa tempat) di
pedalaman Irian.
§ 1624 » Pator-pastor Jesuit melintasi Pegunungan Himalaya,
tepatnya Mana Pass dan Garhwal di India ke kawasan Tibet.
§ 1760 » Profesor de Saussure menawarkan hadiah besar bagi
siapa saja yang dapat menemukan lintasan ke puncak Mont Blanc di perbatasan
Prancis-Italia. Namun tak ada yang tertarik karna alasan takut kepada naga-naga
yang konon mbaurekso di puncak gunung tertinggi di Eropa Barat itu.
§ 1786 » akhirnya tergapai puncak Mont Blanc (4807m) oleh
Dr.Michel-Gabriel Paccard dan seorang pandu gunung, Jacques Balmat.
§ 1830 » Alexander Gardiner melintasi Pelana Karakoram dan
Sinkiang di Cina ke wilayah Kashmir di India.
§ 1852 » Ahli ahli ukur tanah India berhasil menemukan
tinggi puncak XV, yaitu 8840 m yang menjadi puncak tertinggi di dunia,
mengalahkan Puncak VIII (8598 m). Tapi setelah dikoreksi kembali beberapa
tingginya menjadi 8848 m sampai sekarang.
§ 1854 » Alfred Wills dalam pendakiannya ke Puncak
Wetterhom (3708 m) yang menjadi cikal bakal pendakian gunung sebagai olahraga.
§ 1587 » Alpine Club pertama berdiri di Inggris
§ 1858 » Ketinggian Karakoram nomor 2 terukur 8610 m yang
menjadi peringkat kedua.
c.
Jenis Pendakian Gunung
Menurut
jenis kegiatan dan jenis medan yang dihadapi, pendakian gunung terbagi menjadi
tiga bagian, yaitu :
1.
Hill walking/Feel Walking (hiking)
Adalah sebuah kegiatan menjelajahi daerah perbukitan yang
biasanya tidak terlalu tinggi dengan derajat kemiringan rata-rata di bawah 45°.
Dalam hiking tidak diperlukan alat bantu khusus karena kedua kaki yang
diandalkan sebagai media utamanya. Sedangkan tangan sesekali digunakan untuk
memegang tongkat jelajah sebagai alat bantu.
2.
Scrambling
Merupakan
kegiatan pendakian gunung di wilayah dataran tinggi pegunungan yang lebih
tinggi dari bukit dan kemiringannya lebih ekstrem (kira-kira diatas 45°). Dalam
scrambling, selain kaki, tangan juga digunakan sebagai penyeimbang atau
pembantu gerakan pendakian.
3.
Climbing
Dalam
climbing, alat bantu khusus seperti carabiner, tali panjat, harness, figure of
eight, dan sling mutlak diperlukan. Kebutuhan alat bantu disesuaikan dengan
medan jelajah climbing yang sangat ekstrem. Kegiatan olahraga alam ini menggunakan
wahana tebing batu yang kemiringannya lebih dari 80°. Bentuk kegiatan climbing
terbagi menjadi dua bagian, yaitu:
a.
Rock
Climbing
Adalah
pendakian pada tebing-tebing batu yang membutuhkan teknik pemanjatan dan
menggunakan peralatan khusus.
b.
Snow dan Ice Climbing
Adalah
pendakian pada es dan salju.
B.
LATAR BELAKANG
Sejatinya pemuda memiliki peran dan fungsi yang strategis
dalam akselerasi pembangunan termasuk pula dalam proses kehidupan berbangsa dan
bernegara. Pemuda merupakan aktor dalam pembangunan. Baik buruknya suatu Negara
dilihat dari kualitas pemudanya, karena generasi muda adalah penerus dan
pewaris bangsa dan Negara. Generasi muda harus mempunyai karakter yang kuat
untuk membangun bangsa dan negaranya, memiliki kepribadian tinggi, semangat
nasionalisme, berjiwa saing, mampu memahami pengetahuan dan teknologi untuk
bersaing secara global. Pemuda juga perlu memperhatikan bahwa mereka mempunyai
fungsi sebagai Agent of change, moral force and sosial kontrol sehingga
fungsi tersebut dapat berguna bagi masyarakat.
Pemuda berperan aktif sebagai kekuatan moral, kontrol
sosial, dan agen perubahan dalam segala aspek pembangunan nasional. Peran aktif
pemuda sebagai kekuatan moral diwujudkan dengan menumbuhkembangkan aspek etik
dan moralitas dalam bertindak pada setiap dimensi kehidupan kepemudaan,
memperkuat iman dan takwa serta ketahanan mental-spiritual, dan meningkatkan
kesadaran hukum. Sebagai kontrol sosial diwujudkan dengan memperkuat wawasan
kebangsaan, membangkitkan kesadaran atas tanggungjawab, hak, dan kewajiban
sebagai warga negara, membangkitkan sikap kritis terhadap lingkungan dan
penegakan hukum, meningkatkan partisipasi dalam perumusan kebijakan publik,
menjamin transparansi dan akuntabilitas publik, dan memberikan kemudahan akses
informasi.
Sebagai agen perubahan diwujudkan dengan mengembangkan
pendidikan politik dan demokratisasi, sumberdaya ekonomi, kepedulian terhadap
masyarakat, ilmu pengetahuan dan teknologi, olahraga, seni, dan budaya,
kepedulian terhadap lingkungan hidup, pendidikan kewirausahaan, serta
kepemimpinan dan kepeloporan pemuda.
Peran penting pemuda telah tercatat dalam sejarah
perjuangan bangsa Indonesia yang dimulai dari pergerakan Budi Utomo tahun 1908,
Sumpah Pemuda tahun 1928, proklamasi kemerdekaan tahun 1945, pergerakan pemuda,
pelajar, dan mahasiswa tahun 1966, sampai dengan pergerakan mahasiswa pada
tahun 1998 yang meruntuhkan kekuasaan Orde Baru selama 32 tahun sekaligus
membawa bangsa Indonesia memasuki masa reformasi. Fakta historis ini menjadi
salah satu bukti bahwa pemuda selama ini mampu berperan aktif sebagai pionir
dalam proses perjuangan, pembaruan, dan pembangunan bangsa.
Dalam proses pembangunan bangsa, pemuda merupakan
kekuatan moral, kontrol sosial, dan agen perubahan sebagai perwujudan dari
fungsi, peran, karakteristik, dan kedudukannya yang strategis dalam pembangunan
nasional. Untuk itu, tanggung jawab dan peran strategis pemuda di segala
dimensi pembangunan perlu ditingkatkan dalam kerangka hukum nasional sesuai
dengan nilai yang terkandung di dalam Pancasila dan amanat Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan berasaskan Ketuhanan Yang Maha Esa,
kemanusiaan, kebangsaan, kebhinekaan, demokratis, keadilan, partisipatif,
kebersamaan, kesetaraan, dan kemandirian.
Perkembangan zaman dan globalisasi yang sangat pesat
diberbagai bidang kehidupan tentunya menimbulkan konsekuensi tersendiri
terhadap kaum muda serta seluruh aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.
Perkembangan zaman dan globalisasi juga turut mempengaruhi perkembangan
emosional, fisikal, intelektual, serta spiritual para pemuda. Sisi positif dari
perkembangan zaman dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, para
pemuda Indonesia saat ini banyak yang mampu menghasilkan karya yang bermanfaat
serta mengukir prestasi bahkan sampai tingkat internasional. Hasil ini harus
diapresiasi dan terus dipupuk karena secara langsung telah mengharumkan nama
bangsa di kancah dunia. Dampak positif yang dialami pemuda dengan adanya
perkembangan zaman dan globalisasi tentunya harus dipupuk dan dibina dengan
harapan para pemuda akan terus menorehkan prestasi yang bermanfaat untuk
kemajuan bangsa.
C.
NAMA KEGIATAN
Nama Kegiatan [Seven
Summits Central Java Expedition]
D.
TUJUAN
Tujuan Kegiatan [Seven
Summits Central Java Expedition] adalah:
1.
Membentuk
karakter yang disiplin dan bertanggung jawab (Disciplined and Responsible)
2.
Mencintai
alam dan lingkungan sekitar
3.
Melatih
kemandirian anggota (Independence of the
Members)
4.
Memupuk Sifat
kepemimpinan (Leadership)
5.
Meningkatkan
keterampilan berorganisasi (Organizational
Skills)
E.
WAKTU DAN TEMPAT
Waktu : 25 Desember
2014 s.d 31 Desember 2015
Tempat : Gunung
Tertinggi di Jawa Tengah
F.
BENTUK KEGIATAN
Bentuk kegiatan adalah pendakian tujuh puncak gunung
tertinggi di Jawa Tengah, diantaranya:
1.
Gunung
Slamet (3.428 mdpl)
2.
Gunung
Sumbing (3.371 mdpl)
3.
Gunung
Sindara (3.150 mdpl)
4.
Gunung Merbabu
(3.142 mdpl)
5.
Gunung
Merapi (2.914 mdpl)
6.
Gunung
Prahu (2.565 mdpl)
7.
Gunung
Rogojembangan (2.177 mdpl)
G.
ANGGARAN BIAYA
[Terlampir]
H.
PANITIA
Pembina :
Muhammad Syafe’I [08567901327]
Ketua :
Ahmad Naseruddin
Sekretaris :
Fadhilah Azhar Yumna
Bandahara :
Cahya Agung
Perlengkapan :
Muhammad Farhan Ramadhan
Dokumentasi : Lintang
Sauqina
I.
PENUTUP
Demikian proposal ini kami buat, atas kerjasama dan
bantuan/ sumbangan bapak/ ibu /saudara /saudari /instansi /perusahaan /lembaga/
dinas/ LSM kami mengucapkan terimakasih.
Jakarta,
17 Februari 2014
Sekretaris
Kegiatan
Fadhilah Azhar Yumna
BRANDING PERUSAHAAN
Adapun Paket Branding Perusahaan yang kami tempatkan
sebagai berikut :
a.
Paket Brand Platinum
•
Logo
Perusahaan akan ditempatkan pada tas carriel dan daypack [jumlah 15 buah]
•
Logo
Perusahaan akan ditempatkan pada tenda [jumlah 6 buah]
•
Logo
Perusahaan akan ditempatkan pada bagian depan dan belakang raincoat [jumlah 20
buah]
•
Logo
Perusahaan akan ditempatkan pada bagian depan dan belakang baju PDL [jumlah 20
buah]
•
Logo
Perusahaan akan ditempatkan pada bendera team
•
Logo
Perusahaan akan ditempatkan pada spanduk 500 x 500 cm [ditempatkan di sekolah]
•
Harga Rp
57.120.000,00
b.
Paket Brand Gold
·
Logo
Perusahaan akan ditempatkan pada tas carriel dan daypack [jumlah 7 buah]
·
Logo
Perusahaan akan ditempatkan pada tenda [jumlah 3 buah]
·
Logo
Perusahaan akan ditempatkan pada bagian depan dan belakang raincoat [jumlah 10
buah]
·
Logo
Perusahaan akan ditempatkan pada bagian depan dan belakang baju PDL [jumlah 10
buah]
·
Logo
Perusahaan akan ditempatkan pada bendera team
·
Logo
Perusahaan akan ditempatkan pada spanduk 250 x 500 cm [ditempatkan di sekolah]
·
Harga Rp
28.560.000,00
c.
Paket Brand Silver
·
Logo
Perusahaan akan ditempatkan pada tas carriel dan daypack [jumlah 3 buah]
·
Logo
Perusahaan akan ditempatkan pada tenda [jumlah 1 buah]
·
Logo
Perusahaan akan ditempatkan pada bagian depan dan belakang raincoat [jumlah 5
buah]
·
Logo
Perusahaan akan ditempatkan pada bagian depan dan belakang baju PDL [jumlah 5
buah]
·
Logo
Perusahaan akan ditempatkan pada bendera team
·
Logo
Perusahaan akan ditempatkan pada spanduk 100 x 500 cm [ditempatkan di sekolah]
·
Harga Rp
14.280.000,00
d.
Berikut adalah beberapa tambahan manfaat Branding
Perusahaan yang diberikan:
a.
Pemunculan
Logo Perusahaan di website resmi [www.smamuh11jakarta.sch.id] selama 1 tahun
b.
Pada
kegiatan rutin yang diadakan rutin akan dimunculkan Branding Perusahaan di
spanduk dengan ukuran 100 x 100 cm [selama 1 tahun]
a.
Pesantren
Ramadhan
b.
Manasik
Haji
c.
Pembekalan
Siswa
d.
Wisuda/Pelepasan
Siswa
c.
Banner
promosi perusahaan [ukuran 60 x 160 cm] berjumlah 2 pcs [lokasi di sekolah]
selama 1 tahun
e.
Lokasi SMA Muhammadiyah 11 Jakarta merupakan lokasi yang
strategis berdekatan dengan:
a.
Universitas
Negeri Jakarta [Kampus A dan B]
b.
Universitas
Bina Sarana Informatika [BSI]
c.
Sekolah
Tinggi Ilmu Ekonomi Rawamangun
d.
Universitas
Borobudur
e.
Universitas
Ibnu Kaldun
f.
Mall
Arion Rawamangun
g.
Rabani
h.
Veldrome
i.
Gelangang
Remaja Rawamangun
j.
Pasar
Sunan Giri
k.
Terminal
Rawamangun
l.
Super
Market Tip Top
m. SMA/SMK/SMP Diponegoro 1 Rawamangun
n.
SMP/SD
Al Azhar 13 Rawamangun
o.
SMP/SMA
Lab School
p.
SMA
Tarakanita 5 Jakarta
q.
Rumah
Sakit Umum Persahabatan
r.
Rumah
Sakit Rawamangun
s.
SDIT
At-Taqwa Rawamangun
t.
SD
Muhammadiyah 24 Rawamangun
u.
SMP
Muhammadiyah 31 Rawamangun
v.
TK
Aysyiyah Rawamangun
w.
SDS
Advent VII Rawamangun
x.
SMK
Alwashliyah Rawamangun
Tidak ada komentar:
Posting Komentar